Tips Merawat Laptop

Posted: 11 Maret 2008 in Tips
Tag:, ,

Sekarang ini laptop sudah menjadi barang yang umum, banyak orang yang memilikinya. Selain karena harga sudah mulai terjangkau, mobilitas tinggi, dan hemat listrik menjadi alasan kenapa orang lebih memilih laptop daripada PC desktop. Bahkan semata-mata demi gaya hidup pun menjadi alasan untuk membeli laptop. Lihat saja di mal-mal dan tempat-tempat yang menyediakan fasilitas hotspot gratis, dimana-mana orang nongkrong buka laptop berbekal segelas minuman, betah berjam-jam nge-net sampai habis baterai. Pendeknya hotspot-an gratis sudah jadi gaya hidup anak muda sekarang, sembari pamer laptop tentunya.

Tetapi memiliki laptop harus dibarengi kemampuan merawat barang ringkih itu. Tidak bisa hanya sekedar asal pakai saja. Berikut tips-tips merawat laptop;
1. Jangan dekatkan laptop dengan minuman maupun segala macam cairan, jika sampai tumpah ke laptop maka dapat menyebabkan komponen di dalamnya konsleting.
2. Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, speaker aktif, radio tape compo ataupun ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya dan untuk melindungi data yang ada. Seandainya Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah, bluetooth, atau kabel data dengan ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.
3. Bawa laptop ke dalam tas khusus.
Tas laptop dibuat sedemikian rupa sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda di sekitarnya atau bahkan dapat meredam guncangan-guncangan kecil.
4. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup.
Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.
5. Gunakan stavolt atau stabilizer.
Apabila menggunakan listrik langsung, tanpa baterai pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
6. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang.
Hal ini semata-mata untuk mencegah kemungkinan perlakuan kasar apabila kita meminjami orang yang kebetulan sembrono.
7. Install anti virus dan updatelah secara berkala.
Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Mungkin saja yang kita download malware/spyware yang menyamar sebagai freeware tertentu. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

8. Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring.
Selain kurang ergonomis juga menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar.
9. Shutdown dengan benar.
Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power/baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan harddisk bermasalah. Jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Pastikan lampu indikator harddisk telah mati sebelum Anda men-shutdown laptop.
10. Simpan di tempat dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim.
Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat yang panas atau mesin mobil masih hidup. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop.
11. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang terlalu empuk, sehingga laptop kelihatan tenggelam yang dapat menghambat panas untuk keluar, dan laptop menjadi terlalu panas (overheating).
12. Jangan pernah membongkar laptop sendiri, terutama yang masih awam. Jika masih dalam masa garansi lebih baik kalau Anda membawanya ke tempat servis resminya.
13. Jangan letakkan laptop di lantai.
Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.
14. Bersihkan layar LCD dengan kain lembut dan kering yang dapat dibeli di toko komputer. Lap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan satu arah saja, misalnya dari kiri ke kanan. LCD dibentuk oleh cairan kristal (untuk menampilkan gambar) sehingga permukaannya tipis dan rapuh. Oleh karena itu, kalaupun harus menunjuk monitor dengan jari atau pulpen (atau benda lainnya) jangan sampai menyentuhnya apalagi menekan dengan keras. Kalau perlu secara berkala bersihkan pula casingnya dengan kain lap.
15. Bersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan udara di sela-sela tombol. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.
16. Berhati-hatilah pada saat membuka dan menutup layar laptop.

Sebab antara LCD dengan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai kemiringan yang kita inginkan. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras yang dapat menyebabkan engsel patah.
17. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Seringkali orang setelah menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar.
18. Perlakukan baterai dengan benar.
Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya Anda mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut, dan berlaku juga untuk baterai yang lama disimpan atau tidak dipakai berminggu-minggu. Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali. Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop.
19. Perawatan program
Perawatan program semacam software aplikasi, memang tak kalah pentingnya dan hendaknya dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Tujuannya, agar data tidak rusak atau hilang. Selain itu, agar tidak berhadapan dengan masalah program ketika kita tengah berada dalam perjalanan. Perawatan program tersebut meliputi hard drive, pasang antivirus, dan harddisk.

Ketika menjalankan program yang meninggalkan file temporary, hard drive pasti menerima file yang tidak diperlukan. Untuk itu, bersihkan hard drive dari file-file tersebut minimal satu bulan sekali agar laptop bisa bekerja lebih baik. Dianjurkan menggunakan program-program disc clean up yang juga sudah tersedia di sistem operasi seperti Windows.

Untuk perawatan pemasangan antivirus, bisa dilakukan dengan cara menginstal software antivirus pada laptop. Selalu perbarui data definisi virus untuk mengantisipasi virus terbaru. Hampir 90 persen lumpuhnya sebagian software aplikasi dan kerusakan data karena adanya virus. Dengan terpasangnya antivirus, maka data dalam laptop akan aman.

Untuk perawatan harddisk, sebulan sekali lakukan defrag terhadap harddisk. Tujuannya untuk menyusun kembali posisi file-file yang terpencar sehingga mempercepat sistem dalam mencari file. Kemudian gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan pada direktori dan File Allocation Table.

Usahakan pula membuat partisi harddisk lebih dari satu, misalnya dua atau tiga partisi. Hal ini berguna jika suatu saat, sistem operasi yang kita pakai mengalami error (rusak) yang biasanya tertampung dalam partisi C, maka dengan mudah tinggal memformat ulang sistem operasi tersebut, tanpa mengganggu keberadaan berbagai macam data yang biasanya tersimpan pada partisi lainnya, misalnya partisi D atau partisi E.

di-googling dan disarikan dari sana, sini dan situ.

Komentar
  1. s aji mengatakan:

    wah bakule lg kakehan bati, ketok le sumringah…hahahaaa

    kasih donk tips cara biar cepet punya laptop yo

  2. akuibu mengatakan:

    hehehe…tau aja kalo lg jualan seafood…
    yo nantikan edisi depan, tak cariin dulu tips biar cepet punya laptop….yg nomer satu punya duit dulu, bung!

  3. Ahmad Sulih mengatakan:

    Ibuku…..gimana caranya menseting internet pake laptop dengan HP?(sorry klo pertanyaanya agak gaptek soalnya aku baru-baru punya laptop)

  4. akuibu mengatakan:

    Sebelumnya maaf ya, mas…lama mbalesinnya…maklum ibu-ibu…lagi repot ngurusin rumah.🙂
    Soal setting-mensetting internet pake laptop dengan HP…hehehe…sama, saya juga bukan pakarnya. Harus setting ip, dns n tetek-bengeknya pusing dah…mendingan datang aja ke costumer service-nya mereka bakalan menyetingkan dengan suka-rela (kalo gak gitu gak laku dong hehehe) Tapi hati-hati pilih tarifnya ya mas, ada yang volume base, dan time base…juga layanannya, ada yg udah 3G ada yang GPRS biasa…pilih paket-paket yang sesuai kebutuhan saja, biar nggak bikin kantong jebol…
    salam,
    ibu

  5. come nn share mengatakan:

    info yang sangat berguna…oh ya umumnya daya tahan batere setelah pengisian 100% berapa jam ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s