Tips Mengamankan Laptop Dari Si Panjang Tangan

Posted: 12 Maret 2008 in Tips
Tag:, , , , ,

Kehilangan laptop, tentu bukan peristiwa yang kita harapkan. Sedih, kesal, marah, rasanya seperti kehilangan separuh jiwa (seperti kehilangan pacar kali ya😀 ). Bagaimana tidak, laptop menjadi tempat penyimpanan pekerjaan, tugas sekolah, uneg-uneg, pemikiran, segala macam tulisan, yang jelas-jelas penting buat kita (dan mungkin nggak penting buat sang maling😀 ). Karena itu kali ini saya sarikan hasil googlingan saya, yang semoga berguna.

1. Jangan Menarik Perhatian Si Panjang Tangan
Terkadang kita gengsi sehingga suka pamer laptop dengan menggunakannya di restoran, cafe, rumah makan, tempat hiburan, pinggir jalan, dalam mobil, kampus, sekolah, teras, warnet, perpustakaan, dan lain sebagainya. Membuat laptop terlihat murah adalah salah satu cara untuk mengurangi nafsu klepto si maling. Kalau maling melihat laptop lusuh, model tua, murahan, sering error, dari segi ekonomi mungkin para pencuri akan nggak nafsu mencurinya. Tapi kalau pencurian itu berhubungan dengan data penting yang diincar, ini lain ceritanya.
Saat bepergian membawa laptop, gunakan tas ransel, atau jenis tas yang lain yang tidak terlalu menarik perhatian, sehingga orang-orang tidak menyangka bahwa isi tas tersebut adalah laptop. Tas bawaan dari toko yang bertuliskan merek laptop biasanya beresiko tinggi, karena pencuri tahu bahwa tas Anda berisi laptop. Karena itu, lebih baik Anda memakai tas yang biasa-biasa saja untuk membawa laptop. Namun, sebaiknya Anda juga memilih tas yang memang mempunyai space khusus untuk menempatkan laptop. Tujuannya adalah agar dudukan laptop lebih mantap, tidak mudah goyah ketika dibawah saat perjalanan, dan tentu harus nyaman ketika anda sandang.

2. Beri Identitas Fisik Dan Digital Laptop Anda
Beri label yang sukar untuk dicopot pada fisik laptop dan tas laptop anda untuk memudahkan orang lain dalam membantu anda mencarinya apabila hilang. Labeli laptop dengan nama Anda atau organisasi. Pastikan label ini merekat kuat sehingga sulit dilepaskan tanpa merusaknya. Hal ini akan memudahkan identifikasi, jika laptop hilang atau dicuri, polisi atau seseorang menangkap sang pelaku, dengan mudah karena mengenali identitas laptop anda.

Pasang wallpaper yang berisikan data pemilik laptop tersebut dan pesan apabila ditemukan orang lain harap dikembalikan ke pemiliknya. Dan juga masukkan pesan data pemilik laptop (anda) di software atau file lain yang sering dibuka orang. Apabila laptop berpindah tangan ke orang baik (orang baik jangan jadi penadah ya?), maka kemungkinan laptop kembali ke tangan anda semakin besar.

3. Jaga Dengan Penuh Perhatian Dan Jangan Teledor, Anggap Diri Anda Sebagai Seorang Agen Rahasia
Laptop anda adalah bagian dari hidup anda sama halnya dengan ponsel anda. Perhatikan terus fisik laptop anda apabila dipergunakan di tempat umum dan jangan ditinggal-tinggal. Apabila kendaraan anda tiba-tiba mogok atau bocor ban maka bawa laptop anda bersama anda, jangan ditinggal di mobil.

Jangan sekalipun kehilangan perhatian terhadap laptop Anda. Awasi terus keberadaannya di manapun berada. Misalnya ketika melewati bagian pemeriksaan keamanan, pastikan bahwa Anda yang memegang kendali atas laptop Anda, bukan petugas pemeriksaan. Bahkan di tengah keramaian, pegang erat laptop Anda dan jangan lupakan keberadaannya. Jangan meninggalkan tas laptop Anda sekalipun. Anggap diri Anda sebagai seorang agen rahasia yang sedang membawa barang yang sangat berharga dan super rahasia sehingga Anda harus menjaganya sekuat tenaga. Hal ini mungkin akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

4. Ciptakan Sebuah Password Secara Berkala
Buatlah sebuah password untuk mengamankan laptop, sehingga tidak sembarang orang bisa mengoperasikannya. Berikan password yang sukar untuk ditebak dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan memasukkan karakter angka dan simbol seperti !@#$%^&*()-_+= dan lain sebagainya. Bahkan akan lebih aman jika Anda terus memperbaharui password dalam kurun waktu tertentu.

Beri password user access pada bios laptop anda agar pencuri akan mengalami kesulitan untuk menggunakan atau menjualnya ke tangan lain.

5. Asuransikan Laptop Anda
Sekarang sudah bukan hal aneh lagi untuk mengasuransikan laptop, apalagi jika itu adalah laptop mahal dan merupakan barang kesayangan. Asuransi akan sangat bermanfaat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu kerugian kita akan semakin kecil jika kejadian kehilangan laptop menimpa kita.

6. Menjaga Data-Data Penting Anda
Jika ada data penting dalam laptop anda baik yang bersifat pribadi maupun bisnis perusahaan sebaiknya anda mem-backup secara berkala. Bakar data-data penting di laptop anda ke dalam cd atau dvd yang berkualitas atau back up ke dalam USB flash disk, dan pindahkan ke komputer lain yang aman. Bagaimanapun kita tidak bisa memastikan laptop selalu aman.

Jika memang terdapat data yang bersifat sangat rahasia dan tidak ingin diketahui orang lain maka sebaiknya anda melakukan enkripsi (encrypt) data file anda serta di password. Sehingga seandainya, toh akhirnya laptop anda jatuh ke tangan “pendekar berwatak jahat” :p , data penting dan rahasia anda tidak bisa dibuka.

7. Pasanglah software Backstopp

Backstopp adalah sebuah software yang mampu memotret maling laptop. Software ini juga mampu menunjukkan lokasi maling tersebut dan secara diam-diam menghilangkan file-file sensitif. Keterangan lebih lengkapnya di sana.

8. Gunakan Jasa Pengawal 

Jika anda masih merasa belum cukup aman, sewalah bodygard, centeng, pengawal,  satpam, security, dan sebangsanya untuk mengawal anda dan laptop anda dimanapun anda berada.  :))

digoogling dan disarikan dari sini dan situ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s